Himpunan Bilangan Bulat
Bilangan bulat
adalah bilangan yang terdiri dari:
a Bilangan bulat
positif (bilangan asli)
b Bilangan nol
c. Bilangan
bulat negatif (lawan bilangan asli)
Sifat Perkalian dari Urutan Bilangan Bulat
a.
Jika a > b, dan c bilangan
bulat positif, maka a x c > b x c
jika a < b,
dan c bilangan bulat positif, maka a x c < b x c
Contoh
1) 6 > 2 dan 6 bilangan bulat positif, maka 6x6 > 2x6
1) 6 > 2 dan 6 bilangan bulat positif, maka 6x6 > 2x6
2) 5 < 7 dan
3 bilangan bulat positif, maka 5x3 < 7x3
b. Jika a > b, dan c bilangan bulat negatif, maka axc < bxc
Jika a < b, dan c bilangan bulat negatif, maka axc > bxc
Contoh
1) -2 >-6 dan -3 (bilangan bulat negatif), maka -2 x (-3) < -6 x (-3)
1) -2 >-6 dan -3 (bilangan bulat negatif), maka -2 x (-3) < -6 x (-3)
2) -3 < 2 dan -5 (bilangan bulat negatif), maka -3 x (-5) >
2x(-5)
c. Jika a > b atau a < b, dan c adalah bilangan nol, maka axc =
bxc = 0
Contoh
1) 4 > -2, maka 4 x 0 = -2 x 0 = 0
1) 4 > -2, maka 4 x 0 = -2 x 0 = 0
2) 3 < 5, maka 3 x 0 = 5 x 0 = 0
Lawan bilangan bulat
Setiap bilangan bulat
mempunyai tepat satu lawan yang juga merupakan bilangan bulat
b. Dua bilangan bulat dikatakan berlawanan, apabila dijumlahkan menghasilkan nilai nol.
a + (-a) = 0
b. Dua bilangan bulat dikatakan berlawanan, apabila dijumlahkan menghasilkan nilai nol.
a + (-a) = 0
Contoh
1) Lawan dari 4 adalah -4, sebab 4 + (-4) = 0
1) Lawan dari 4 adalah -4, sebab 4 + (-4) = 0
2) Lawan dari -7
adalah 7, sebab -7 + 7 = 0
3) Lawan dari 0
adalah 0, sebab 0 + 0 = 0
Operasi bilangan bulat
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
d. Menjumlahkan bilangan bulat
negatif dengan bilangan positif.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
Perkalian Bilangan Bulat
Perkalian adalah penjumlahan
berulang sebanyak bilangan yang dikalikan.
Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6
Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6
Perhatikan gambar di bawah ini, ya!
Sifat-sifat perkalian suatu
bilangan
a. Perkalian
bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif.
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b. Perkalian
bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
2) 7 x (-8) = -56
3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian
bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
d. Perkalian
bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Kesimpulan:
Pembagian
bilangan bulat
Pembagian merupakan operasi
kebalikan dari perkalian
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42
atau 6 x 7 = 42
Sifat-sifat pembagian bilangan
bulat
a.
Pembagian bilangan positif dengan
bilangan positif, hasilnya positif
Contoh
1) 63 : 7 = 9
1) 63 : 7 = 9
2) 143 : 11
= 13
b.
Pembagian bilangan positif dengan
bilangan negatif, hasilnya negatif
Contoh:
1)
63 : (-9) = -7
2)
72 : (-6) = -12
c.
Pembagian bilangan negatif dengan
bilangan positif, hasilnya negatif
Contoh:
1)
-63 : 7 = -9
2)
-120 : 10 = -12
d.
Pembagian bilangan negatif dengan
bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1)
-72 : (-8) = 9
2)
-120 : (-12) = 10
Menggunakan Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat
Sifat komutatif
Sifat komutatif (pertukaran) pada
penjumlahan dan perkalian.
a + b = b + a
a x b = b x a, berlaku untuk semua
bilangan bulat
Contoh:
1) 2 + 4 = 4 + 2 = 6
1) 2 + 4 = 4 + 2 = 6
2) 3 + 5 = 5 + 3 = 8
3) 4 x 2 = 2 x 4 = 8
4) 3 x 2 = 2 x 3 = 6
Sifat asosiatif
Sifat asosiatif (pengelompokan)
pada penjumlahan dan perkalian.
(a + b) + c = a + (b+c)
(a x b) x c = a x (bxc), berlaku
untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
2) (3+6) + 7 = 3 + (6+7) = 16
3) (3x2) x 4 = 3 x (2x4) = 24
4) (3x5) x 2 = 3 x (5x2) = 30
Sifat distributif (penyebaran)
a x (b + c) = (a x b) + (a x c),
yang berlaku untuk semua bilangan bulat.
Contoh
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
2) 5 x (7 + 3) = (5 x 7) + (5 x 3)
= 50
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/II
Pertemuan : 2x
Alokasi
waktu : 5 x 35 menit
Standar
Kompetensi :
Menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi
Dasar :
Mengurutkan
bilangan bulat
Indicator :
·
Mengurutkan sekelompok bilangan bulat
dari terkecil ke terbesar sebaliknya
·
Menentukan letak bilangan bulat pada
garis bilangan
I.
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat mengurutkan sekelompok
bilangan bulat dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya dan menentukan letak
bilangan bulat pada garis bilangan
II.
Materi Pokok
Bilangan bulat
III.
Metode Pembelajaran
Caramah, Tanya jawab, dan
pebugasan.
IV.
Langakah-langkah pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan
Awal
·
Apersepsi
·
Mengadakan Tanya jawab benda-benda yang
menggunakan bilangan negative dalam kehidupan sehari-hari
B. Kegiatan
Inti
·
Secara klasik menyebutkan benda-benda
yang mengguakan lambing bilangan negative dalam kehidupan sehari-hari
·
Memperhatikan dan menirukan membaca dan
menulis lambang bilangan bulat positif dan negative
·
Murid mencoba menulis bilangan bulat
positif dan negative pada garis bilangan
C. Kegiatan
Akhir
·
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
Pertemuan 2
A. Kegiatan
Awal
·
Apersepsi
·
Mengadakan Tanya jawab tentang cara
menulis lambang bilangan pada garis bilangan
B. Kegiatan
Inti
·
Secara klasifikasi mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan guru tentang cara mengurutkan bilangan bulat positif
dan negative dan terkecil ke terbesar atau sebaliknya
·
Secara individu siswa mencoba
mengerjakan satu soal di papan tulis
C. Kegiatan
Akhir
·
Mengerjakan tugas yang dikerjakan guru
V.
Alat dan Sumber Bahan
·
Buku Matematika Kelas 4
·
Alat tulis
Mengetahui
Kepala sekolah . . . . . . . Guru
Kelas
……………………
…………………
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon saran dan masukannya agar blog ini dapat terus berkembang.