Cari Blog Ini

Permainan Menebak nomor Hand Phone dan Finger Factors (RME)





Matematika Realistik




Arini Nur Sa’adah
  0901045049
     PGSD V-C








Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan/Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jakarta Timur
2012




1.    Menebak nomor Hand Phone
A  : Nomor Hp kamu berapa?
B  : Berapa ya?
A  : Aku tebak deh.
B  : Memang kamu bisa?
A  : Bisa donk….
B  : Coba buktikan!!
A  : Sekarang kamu tulis di kertas nomor kamu dari belakang
B  : 581914017580, sudah
            A  : Lalu kamu bebas menambahkan nomor hp kamu dengan angka yang kamu mau dan
                   kamu ikut menghitungnya, jangan sampai nomor nya terlihat oleh aku.
B  : 581914017580 + 100 = 581914017680
A  : Sebutkan tadi kamu menambahkan angka berapa?
B  : 100
A  : Lalu kamu sekarang mengurangi angka tadi.
B  : 581914017680 – 200 = 581914017480
A  : Kamu menguranginya berapa?
B  : 200
A  : Oke, sekarang kamu kalikan angka-angka yang tadi sesuka hatimu.
B  : 581914017480 x 150 = 87287102622000
A  : Sudah?
B  : Sudah.
A  : Oke, sebutkan hasilnya.
B  : Hasilnya 87287102622000
A  : Oke, sebentar ya aku hitung dulu.
B  : Okelah kalau begitu…
A  : 87287102622000 : 150 = 581914017480
       581914017480 + 200 = 581914017680
  581914017680 – 100 = 581914017580
B  : Sudah menghitungnya?
A  : Nomornya pasti 085710419185. Betul?
B  : Iiih betul,, kok kamu tau sih?

ð Penjelasan
Kita mengetahui bahwa konsep penjumlahan adalah kebalikan dari konsep pengurangan dan begitu pula konsep perkalian kebalikan dari konsep pembagian. Maka dari itu dari permainan tebak nomor hp ini merupakan penyelesaiian dari konsep-konsep itu.
Contoh sederhana:
20 + 10 = 30 (untuk mengembalikan ke angka 20, 20 dikurangkan 10 maka hasilnya kembali ke 20)
Melalui permainan ini  kita dapat mengetahui nomor hand phone seseorang dengan menghitung ulang dan kebalikan dari masing-masing operasi bilangan.
ð Syarat
Permainan ini cukup sulit apabila bilangan-bilangan yang digunakan untuk pengurangan, penjumlahan, pembagian maupun perkalian ini terlalu besar. Maka anda perlu membatasi bilangan-bilangan itu, minimal bilangan yang digunakan dari 1-100. Namun jika anda memang merasa tertantang untuk menantang seseorang maka silakan anda untuk meminta seseorang menggunakan bilangan ratusan atau bahkan ribuan dalam permainan ini. Selamat mencoba… J

2.    Finger Factors
Finger factors ini dapat kita gunakan untuk permainan dalam materi FPB dan KPK. Dengan menggunakan kedua tangan, kita dapat bermain untuk menentukan faktor-faktor dari kedua bilangan. Syarat permainan ini adalah baik guru maupun siswa perlu konsentrasi yang penuh dan kecepatan kedua tangan serta pemahan terhadap konsep faktor bilangan yang sudah sangat mantap.
Cara permainan ini adalah kita mengucapkan bilangan dari 1 sampai bilangan akhir dari faktor bilangan yang menjadi soal. Ketika kita  menentukan faktor–faktor dari kedua bilangan, kita dapat melakukannya dengan cara membuka telapak tangan.
Adakan sebuah perjanjian terlebih dahulu sebelum permainan dimulai. Seperti, kita sepakat bahwa tangan kanan, kita gunakan untuk bilangan x dan tangan kiri untuk bilangan y. Sebagai contoh menentukan faktor bilangan dari 8 dan 12. Tangan kanan untuk bilangan 8 dan tangan kiri untuk bilangan 12.
Ketika bilangan itu merupakan faktor dari kedua bilangan, maka kedua telapak tangan terbuka. Jika bukan faktor dari suatu bilangan, maka salah satu telapak tangan tertutup. Jika bilangan yang disebutkan bukan faktor bilangan dari kedua bilangan, maka kedua telapak tangan tertutup.
Contoh:
Tentukan faktor-faktor bilangan dari 12 dan 14
        Tangan kanan (12)       
Tangan kiri (14)
1 (telapak tangan buka)
1 (telapak tangan buka)
2 (telapak tangan buka)
2 (telapak tangan buka)
3 (telapak tangan buka)
3 (telapak tangan tutup)
4 (telapak tangan buka)
4 (telapak tangan tutup)
5 (telapak tangan tutup)
5 (telapak tangan tutup)
6 (telapak tangan buka)
6 (telapak tangan tutup)
7 (telapak tangan tutup)
7 (telapak tangan buka)

Maka faktor bilangan dari kedua bilangan 12 dan 14 adalah:
12   : 1, 2, 3, 4 dan 6
14   : 1, 2, 7
Telapak tangan terbuka kedua-duanya pada saat bilangan ke 1 dan 2.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon saran dan masukannya agar blog ini dapat terus berkembang.